Rangkuman KB1: PENGERTIAN, KOMPONEN, MAZHAB MANAJEMEN STRATEGIK
# Tujuan
> Primer: Pemilik Perusahaan (SHAREHOLDERS)
> Sekunder: Pemangku kepentingan (STAKEHOLDERS)
Tujuan:
1. Pencapaian perusahaan?
2. Variabel penentu tercapai
*Mazhab: Pola pikir/Aliran/Haluan
# 3 tingkatan Strategi
==
> Korporat
> Bisnis
> Fungisonal (fungsional dalam manajemen strategik)
*Determinan: Faktor yang menentukan
# Tujuan Pokok Perusahaan
=
1. Memperoleh Laba. Tujuan yang terpenting bagi pemilik
(Perusahaan yang belum menjadi perusahaan publik)
2. Meningkatkan Harga Saham. (Perusahaan publik pada umum nya)
3. Meningkatkan Volume Penjualan (Market share).
Besar kecil nya pangsa pasar yang di kuasai berpengaruh langsung pada laba yang dapat dicapai
4. Mempertahankan keberlangsungan hidup.
Tercapainya tujuan yang lain belum menjamin perusahaan dapat berusia panjang. Bisa saja perusahaan tiba-tiba sakit & terpaksa keluar dari pasar
*Peluang = Opportunities
*Ancaman = Therats
*Kekuatan = Strengths
*Kelemahan = Weeknesses
PENGERTIAN & KOMPONONEN MANAJEMEN STRATEGIK
Manajememen Strategik dapat diartikan: Usaha Manajerial menumbuh kembangkan kekuatan perusahaan untuk mengeksploitasi peluang bisnis yang muncul guna mencapai tujuan perusahaan yang telah sesuai dengan Visi & misi yang telah di tentukan.
Komponenn Pokok Manajemen Strategik: (Pearce & Robinson 1994, 2003
1. Analisis : Lingkungan bisnis yang diperlukan untukm mendeteksi peluang & ancaman
2. Analisis : Profil Peruhasaan untuk mengidentifikasi kekuatan & kelemahan perusahaan
3. STRATEGI BISNIS: untuk mencapai tujuan visi & misi
4. Visi & Misi Perusahaan. Hubungan antara lingkungan bisnis & profil perusahaan memberikan
indikasipada apa yang mungkin dpat dikerjakan (What is posibble) .
Lingkungan Bisnis <> Profil Perushaan = posisi pasar
Dari sini posisi perusahaan dipasar dapat di ketahui
Sedangkan keterkaitan ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS <> PROFIL PERUSAHAAN<>VISI MISI = APA YANG DI INGINKAN PERUSAHAAN (What is Desire).
===
Urutan fungsi pokok Manajemen (secara Metodologis).
1. Perencanaan/perumusan (Formulasi)
2. Implementasi/Eksekusi
3. Pengawasan/Pengendalian
4. Masukan/Feedback > bagi proses perencanaan berikut nya
Substansi/Isi
PERUSAHAAN BARU > UMUM NYA HANYA 1 JENIS USAHA SAJA = 1 Unit Usaha Strategis (Strategic Businees Unit/BSU). Misal nya strategis DIFERENSIASI (PEMBEDA) dengan pesaing dengan produk yang sama/serupa.
Strategi pada tingkatan bisnis prlu di di jabarkan lebih jauh kedalam staregi fungsional yang diperlukan oleh manajer keuangan, pemasaran, keuangan,SDM & operasi. Dinamakan strategi tingkatan fungsional (Funtional level) > Jelas, Konkrit, terukur (gagal/berhasil)
Core Businees =Bisnis inti
Strategic Businees Unit/BSU = Unit Usaha Strategis
Businees Level = Tingkatan bisnis
> Primer: Pemilik Perusahaan (SHAREHOLDERS)
> Sekunder: Pemangku kepentingan (STAKEHOLDERS)
Tujuan:
1. Pencapaian perusahaan?
2. Variabel penentu tercapai
*Mazhab: Pola pikir/Aliran/Haluan
# 3 tingkatan Strategi
==
> Korporat
> Bisnis
> Fungisonal (fungsional dalam manajemen strategik)
*Determinan: Faktor yang menentukan
# Tujuan Pokok Perusahaan
=
1. Memperoleh Laba. Tujuan yang terpenting bagi pemilik
(Perusahaan yang belum menjadi perusahaan publik)
2. Meningkatkan Harga Saham. (Perusahaan publik pada umum nya)
3. Meningkatkan Volume Penjualan (Market share).
Besar kecil nya pangsa pasar yang di kuasai berpengaruh langsung pada laba yang dapat dicapai
4. Mempertahankan keberlangsungan hidup.
Tercapainya tujuan yang lain belum menjamin perusahaan dapat berusia panjang. Bisa saja perusahaan tiba-tiba sakit & terpaksa keluar dari pasar
*Peluang = Opportunities
*Ancaman = Therats
*Kekuatan = Strengths
*Kelemahan = Weeknesses
PENGERTIAN & KOMPONONEN MANAJEMEN STRATEGIK
Manajememen Strategik dapat diartikan: Usaha Manajerial menumbuh kembangkan kekuatan perusahaan untuk mengeksploitasi peluang bisnis yang muncul guna mencapai tujuan perusahaan yang telah sesuai dengan Visi & misi yang telah di tentukan.
Komponenn Pokok Manajemen Strategik: (Pearce & Robinson 1994, 2003
1. Analisis : Lingkungan bisnis yang diperlukan untukm mendeteksi peluang & ancaman
2. Analisis : Profil Peruhasaan untuk mengidentifikasi kekuatan & kelemahan perusahaan
3. STRATEGI BISNIS: untuk mencapai tujuan visi & misi
4. Visi & Misi Perusahaan. Hubungan antara lingkungan bisnis & profil perusahaan memberikan
indikasipada apa yang mungkin dpat dikerjakan (What is posibble) .
Lingkungan Bisnis <> Profil Perushaan = posisi pasar
Dari sini posisi perusahaan dipasar dapat di ketahui
Sedangkan keterkaitan ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS <> PROFIL PERUSAHAAN<>VISI MISI = APA YANG DI INGINKAN PERUSAHAAN (What is Desire).
===
Urutan fungsi pokok Manajemen (secara Metodologis).
1. Perencanaan/perumusan (Formulasi)
2. Implementasi/Eksekusi
3. Pengawasan/Pengendalian
4. Masukan/Feedback > bagi proses perencanaan berikut nya
Substansi/Isi
PERUSAHAAN BARU > UMUM NYA HANYA 1 JENIS USAHA SAJA = 1 Unit Usaha Strategis (Strategic Businees Unit/BSU). Misal nya strategis DIFERENSIASI (PEMBEDA) dengan pesaing dengan produk yang sama/serupa.
Strategi pada tingkatan bisnis prlu di di jabarkan lebih jauh kedalam staregi fungsional yang diperlukan oleh manajer keuangan, pemasaran, keuangan,SDM & operasi. Dinamakan strategi tingkatan fungsional (Funtional level) > Jelas, Konkrit, terukur (gagal/berhasil)
Core Businees =Bisnis inti
Strategic Businees Unit/BSU = Unit Usaha Strategis
Businees Level = Tingkatan bisnis
Comments
Post a Comment